Menu Tutup

Circuit Breakers adalah

Circuit Breakers adalah alat pemutus arus listrik otomatis, dirancang untuk melindungi sirkuit listrik dari kerusakan yang disebabkan oleh kelebihan arus atau korsleting, fungsi dasar dari Circuit breaker adalah untuk mengganggu aliran arus listrik setelah adanya kesalahan yang terdeteksi. tidak serupa dengan sekering yang hanya dapat dipergunakan satu kali, Circuit breaker dapat di resset baik secara manual ataupun otomatis untuk melanjutkan operasi normal.

Pemutus sirkuit dibuat dalam berbagai ukuran, dari perangkat kecil yang melindungi sirkuit arus rendah atau alat rumah tangga individu, hingga switchgear besar yang dirancang untuk melindungi sirkuit tegangan tinggi yang memberi makan seluruh kota. Fungsi generik dari pemutus sirkuit, RCD atau sekering , sebagai sarana otomatis menghapus kekuasaan dari sistem yang rusak sering disingkat sebagai OCPD (Over Protection Perangkat Current).

Asal-usul Circuit Breakers

Bentuk awal pemutus sirkuit dijelaskan oleh Thomas Edison dalam permohonan paten tahun 1879, meskipun sistem distribusi daya komersialnya menggunakan sekering . [1] Tujuannya adalah untuk melindungi kabel sirkuit pencahayaan dari sirkuit pendek yang tidak disengaja dan kelebihan beban. Sebuah pemutus sirkuit miniatur modern yang serupa dengan yang sekarang digunakan dipatenkan oleh Brown, Boveri & Cie pada tahun 1924. Hugo Stotz, seorang insinyur yang telah menjual perusahaannya ke BBC , dikreditkan sebagai penemu pada DRP ( Deutsches Reichspatent ) 458392. [ 2] Penemuan Stotz adalah pendahulu dari pemutus termal-magnetik modern yang umum digunakan di pusat beban rumah tangga sampai hari ini.

Interkoneksi beberapa sumber generator ke dalam jaringan listrik membutuhkan pengembangan pemutus sirkuit dengan peningkatan peringkat tegangan dan peningkatan kemampuan untuk secara aman mengganggu peningkatan arus hubung singkat yang dihasilkan oleh jaringan. Saklar manual udara-putus sederhana menghasilkan busur berbahaya ketika mengganggu tegangan tinggi; ini memberi jalan ke kontak tertutup minyak, dan berbagai bentuk menggunakan aliran udara bertekanan, atau minyak bertekanan, untuk mendinginkan dan menyela busur. Pada 1935, pemutus sirkuit yang khusus dibangun digunakan pada proyek Bendungan Boulder menggunakan delapan seri istirahat dan aliran minyak bertekanan untuk menginterupsi kesalahan hingga 2.500 MVA, dalam tiga siklus frekuensi daya AC